Kamis, 27 September 2012

Peranan Pemerintah dalam Upaya Mengatasi Permasalahan Ketenagakerjaan

hari ini saya akan menceritakan sedikit tentang peranan pemerintah dalam mengatasi upaya pengangguran yang merajalela di Ibukota Jakarta ,, semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda yang membaca blog saya .. oke kita langsung saja ke inti tulisan ..

Pengangguran merupakan salah satu dari sekian banyak masalah ketenagakerjaan dan akan menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat, seperti kualitas hidup mnurun, meningkatnya angka kriminalitas, dan lingkungan kumuh. Menurut Keynes pengangguran tidak bisa dihapuskan, tetapi bisa dikurangi. pengurangan angka pengangguran dapat dilakukan dengan cara memperluas kesempatan kerja dan menurunkan jumlah angkatan kerja. Dinegara kita ini setiap tahun terutama di setiap lebaran angka pertambahan penduduk melonjak drastis karena banyak perantau yang datang ke Ibukota untuk mangadu nasib. Agar persoalan tersebut tidak berlanjut, pemerintah berusaha melakukan pengembangan dan perluas lapangan kerja melalui pendekatan berbagai kebjakan. Selain itu pemerintah juga berusaha mengharmoniskan kegiatan usaha antarpelaku ekonomi serta pemerataan kesempatan usaha. Contohnya dengan memacu pertumbuhan bidang kewirausahaan.

"kewirausahaan dapat dilakukan pelaku usaha kecildan menengah ( UKM ) dengan membeli 'waralaba' (suatu bentuk kerja sama antara franchisor dengan Franchise' untuk menggunakan hak atas kekayaan)". setidaknya dengan hadirnya usaha waralaba persoalan pengangguran akan sedikit berkurang, karena usaha waralaba membutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu,pemerintah akan mendukung dan membantu atau memfasilitasi kalangan UKM yang telah siap melakukan konsep dagang waralaba.

Jadi, masalah ketenagakerjaan merupakan tanggung jawab bersama, baik bagi pemerintah maupun bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itu, kita semua harus meningkatkan kepedulian terhadap usaha pencarian jalan kelurnya. termasuk kita sebagai pelajar. Sebagai pelajar kita harus rajin belajar dan terus berusaha menambah ilmu pengetahuan (supaya kita tidak gagap teknologi) serta giat mengasah bakat yang dimiliki.

Cukup kali yaa tulisan saya saat ini semoga bermanfaat bagi kalian semua .. terus belajar gapai cita-cita kalian masing-masing jangan putus asa karna hidup itu tantangan .. semakin kalian menghadapi tantangan tersebut samakin kalian berusaha untuk menemukan jalan keluarnya dan mengubah anda semua menjadi manusia yang lebih baik .. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar