Rabu, 23 Oktober 2013

Pengembangan dari Perencanaan Usaha "Banana Baknis"


PENGEMBANGAN RENCANA USAHA
BANANA BAKNIS FOOD
 

DISUSUN OLEH:
WULANDARI EKA PUTRI
2DF02
57212771

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Perusahaan
Kami dari perusahaan makanan BANANA BAKNIS (Bakar Manis) yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan dengan bahan dasar pisang dengan rasa yang  beraneka rasa yaitu (Coklat,Strawberry,Keju)
Kami memilih makanan ini karena buah pisang mudah di temukan dan sekaligus turut serta untuk meramaikan aneka,dan masyarakat Indonesia yang relatif menyukai makanan ringan,kami pun ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan yang berbeda.
Kami berusaha menyajikan makanan ringan yang sehat serta layak di konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan Banana Baknis kami.
Keistimewaan banana baknis ini diantaranya :
       v   Hidangan cepat saji yang lezat dan bergizi.
       v  Harga relative terjangkau oleh semua kalangan.
       v  Memiliki variasi rasa (coklat,strawberry,keju).
       v  Dapat diterima oleh semua kalangan.

BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Identifikasi Usaha
Nama Usaha               : Banana Baknis
Pemilik Usaha             : Banana Baknis Food
Alamat Usaha             : Wisma Asri 2 Kp.Irian Gang H.Usman RT09/04
Contact Person           : 089654334671

2.2 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha perumahan kecil, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Banana Baknis kami dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha :
     1.      Menerapkan kemampuan berwirausaha
     2.      Memenuhi kebutuhan konsumen
     3.      Memunculkan bakat untuk berbisnis
     4.      Mendapatkan penghasilan

2.3 Struktur Organisasi:
Saya selaku CEO di Banana Baknis, saya membentuk Organisasi ini terdiri dari :
Manajemen    : 2
Produksi        : 4
Pemasaran     : 3
Keuangan      : 2

2.4 Klasifikasi Organisasi
             ·        CEO
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil kepurusan.
            ·         General Manager
Dapat mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan
            ·         Financial Manager
 Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
            ·         Production Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjualbelikan.
            ·         Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

BAB III
ANALISA MASALAH
3.1 Modal
Modal yang kami gunakan berasal dari punjaman Bank sebesar Rp. 1.500.000 dan modal kami sendiri sebesar Rp. 514.000 jadi total modal kami sebesar Rp. 2.014.000.

3.2 Penentuan Harga Produksi

Biaya Baku                             : Rp. 259.000,00,-
Biaya Penolong                       : Rp. 166.000,00,-
Total biaya Produksi                : Rp. 425.000,00,-

Biaya Cetak laporan                : Rp. 6.000,00,-
Biaya ADM                            : Rp. 8.000,00,-
Total Biaya Operasional          : Rp. 14.000,00,-

Harga potong produksi/potong BANANA BAKNIS adalah :
Banana baknis =(Rp. 425.000 + Rp.16.000/500 = Rp. 878,-
Menentukan harga jual
Banana baknis : Rp. 1.756

3.3 Penentuan Harga Jual
Perkiraan laba yang diharapkan :
Rp. 3.000 – Rp. 1.756 = Rp. 1.244,-

3.4 SDM (Sumber Daya Manusia)
Kami tidak menambah jumlah pegawai karena produk kami masih baru, tetapi apabila produk kami sudah dikenal masyarakat luas dan produksi kami meningkat kami rasa akan menambah jumlah SDM.

3.5 Pemasaran
pemasaran kami masih didaerah perumahan dan dipinggiran jalan, kami juga akan membuat jejaring social agar masyarakat lebih mengenal produk kami.
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
4.1 SWOT
         A.     STRENGTH (KEKUATAN)
      ·    Bahan bakunya mudah ditemukan.
      ·     Memiliki rasa khas tersendiri.
      ·     Harga terjangkau.
         B.      WEAKNESSES (KELEMAHAN)
       ·   Tidak tahan lama dan mudah basi.
       ·    Modal usaha yang kecil.
         C.      OPPORTUNITIES (PELUANG)
      ·     Minat akan makanan ringan tinggi.
      ·      Makanan ringan yang kaya akan vitamin.

         D.     THREATS (ANCAMAN)
       ·    Banyak makanan dengan variasi yang lain.
       ·    Ada jenis makanan yang sama.
       ·     Harga produk competitor bersaing.
       ·      Selera konsumen variatif.

4.2  TOWS
          A.     SO
       ·   Memperbanyak tingkat produksi.
       ·   Memproduksi banana baknis dengan rasa baru.
       ·   Tetap menjaga kualitas rasa dari produk.
          B.      WO
    ·  Memproduksi banana baknis dalam skala kecil apabila ada pemesanan kita akan menambah jumlah produksi.

          C.      ST
       ·    Memahami selera konsumen.
       ·    Memperkuat cita rasa produk.
       ·    Menambah variasi baru produk.
          D.     WT
       ·     Packing yang lebih menarik.
       ·     Menambah modal usaha dengan pinjaman.
       ·      Mencari investor untuk bergabung.

BAB V
KESIMPULAN
Usaha banana Baknis kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT dan TOWS dan pula mampu menganalisa berbagai masalah sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar