Disusun Oleh :
Wulandari Eka Putri
2DF02
57212771
Wulandari Eka Putri
2DF02
57212771
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Perusahaan
Kami dari perusahaan makanan BANANA
BAKNIS (Bakar Manis) yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan
dengan bahan dasar pisang dengan rasa yang
beraneka rasa yaitu (Coklat,Strawberry,Keju)
Kami memilih makanan ini karena buah
pisang mudah di temukan dan sekaligus turut serta untuk meramaikan aneka,dan
masyarakat Indonesia yang relatif menyukai makanan ringan,kami pun ingin
membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan
yang berbeda.
Kami berusaha menyajikan makanan
ringan yang sehat serta layak di konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat
merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan Banana Baknis kami.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1
Visi & Misi
Visi
Menjadikan makanan
pisang menjadi lebih dikenal dan menjadi pilihan utama sebagai makanan ringan
bagi masyarakat Indonesia.
Misi
1. Berorientasi
kepada kepuasan konsumen.
2.
Membuat aneka makanan pisang dengan
berbagai rasa.
3.
Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa
buah pisang bisa menjadi makanan ringan.
2.2 Identifikasi Usaha
Nama Usaha : Banana Baknis
Pemilik Usaha : Banana Baknis Food
Alamat Usaha : Wisma Asri 2 Kp.Irian Gang H.Usman RT09/04
Contact
Person : 089654334671
2.3 Ruang Lingkup
Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha
perumahan kecil, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Banana Baknis kami
dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha
1.
Menerapkan kemampuan berwirausaha
2.
Memenuhi kebutuhan konsumen
3.
Memunculkan bakat untuk berbisnis
4.
Mendapatkan penghasilan
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Rencana Produk
Produk kami ialah produk makanan ringan, dan produk kami adalah makanan cepat saji yang istimewa. Bahan utama yang kami gunakan adalah pisang nagka, keju, strawberry, cokelat.
Produk kami ialah produk makanan ringan, dan produk kami adalah makanan cepat saji yang istimewa. Bahan utama yang kami gunakan adalah pisang nagka, keju, strawberry, cokelat.
Awalnya perusahaan
kami dibentuk karena melihat tingkat kesukaan masyarakat kepada makanan ringan
yang cukup tinggi. Modal kami berjumlah Rp. 2.014.000,00,- yang berasal dari
pinjaman sebesar Rp. 1.500.000,00,- dan Modal Banana Baknis Rp. 5140.000,00,-
3.2 Produk/jasa yang dihasilkan
3.2 Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan banana
baknis ini diantaranya :
v Hidangan
cepat saji yang lezat dan bergizi.
v Harga
relative terjangkau oleh semua kalangan.
v Memiliki
variasi rasa (coklat,strawberry,keju).
v Dapat
diterima oleh semua kalangan.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1 Jenis Usaha
Menjual makanan ringan
yang lezat dan bergizi dengan berbagai macam varian rasa (cokelat, keju dan
strawberry).
4.2 Prospek Usaha
Usaha yang kami
dirikan ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk
makanan ini. Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi karena kami
selalu berinovatif dan kreatif dalam produk kami sesuai selera konsumen.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Rencana produksi kami
dalam jangka waktu 1bulan sebesar 500 buah banana baknis.
5.1 Bahan Baku dan penggunaannya
Bahan-bahan untuk
membuat Banana Baknis :
·
Pisang
·
Mentega
·
Selai strawberry
·
Cokelat batang
·
Keju
·
Susu cokelat
Alat untuk membuat :
·
Wajan Teflon
·
Pisau
·
Piring
·
Sendok
Cara Pembuatan :
1.
Potong pisang menjadi 2
2. Panaskan wajan, masukkan mentega hingga
meleleh. Lalu masukkan pisang tadi goring hingga warna kecokelatan.
3.
Angkat lalu taburi cokelat batang,selai
strawberry, keju, dan terakhir susu cokelat hidangkan selagi panas.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Analisis persaingan usaha
SWOT
A. STRENGTH (KEKUATAN)
·
Bahan bakunya mudah ditemukan
·
Memiliki rasa khas tersendiri
·
Harga terjangkau
B. WEAKNESSES (KELEMAHAN)
·
Tidak tahan lama dan mudah basi
·
Modal usaha yang kecil
C. OPPORTUNITIES (PELUANG)
·
Minat akan makanan ringan tinggi
·
Makanan ringan yang kaya akan vitamin
D. THREATS (ANCAMAN)
·
Banyak makanan dengan variasi yang lain
·
Ada jenis makanan yang sama
·
Harga produk competitor bersaing
·
Selera konsumen variatif
6.2 Analisis 4P
1.
Product
·
Type : Banana
· Brand : BANANA BAKNIS
· Brand : BANANA BAKNIS
·
Quality : Tanpa bahan pengawet
·
Packing : Menggunakan mika sebagai pengemas produk
2.
Price
·
Price List : Rp. 3000 (untuk
semua rasa)
3.
Promotion
·
Advertising : Menggunakan media
jejaring social
·
Sales promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
·
Personal Selling : Berkeliling dan menjual secara langsung
kepada pelanggan
4.
Place
·
Berlokasi di wilayah perumahan ,dan
dipinggir jalan
6.3 Target Dan Segmentasi Pasar
§ Geografi
1. Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah Bekasi, alasan kita memilih Bekasi
karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini.
2. Kami
melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji, sehingga kami
memanfaatkan peluang ini.
§ Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa, dosen dan
lingkungan sekitar Perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka warung untuk
mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
6.4 Strategi Pemasaran
Ø Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang
terjangkau. Produk ini bernama “BANANA BAKNIS” yaitu pisang pilihan yang sehat
untuk dikonsumsi. Banana baknis ini mempunyai varian rasa yaitu cokelat,
strawberry dan keju.
Ø Membangun jaringan dengan usaha
lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki
produk banana baknis ini yang berbahan baku seperti pisang, mentega, cokelat,
keju dan strawberry. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada
perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kami demi meningkatkan kualitas
produk kami.
Ø Menciptakan inovasi pada desain
yang ditawarkan.
Produk
kami kali ini yang pertama : banana baknis dengan dilapisi cokelat strawberry
maupun keju kedepannya kami ingin berinovasi untuk membuat banana baknis isi.
Ø Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang kami buat.
Ø Media pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social.
BAB VII
RENCANA
PERMODALAN
7.1 Modal Usaha
Modal banana Baknis :
Rp. 514.000,00,-
Modal pinjaman : Rp. 1.500.000,00,-
Jumlah Pinjaman : Rp. 2.014.000,00,-
7.2 Penentuan Harga
Produksi
Biaya Baku : Rp. 259.000,00,-
Biaya Penolong :
Rp. 166.000,00,-
Total biaya Produksi :
Rp. 425.000,00,-
Biaya Cetak laporan :
Rp. 6.000,00,-
Biaya ADM :
Rp. 8.000,00,-
Total Biaya Operasional :
Rp. 14.000,00,-
Harga potong produksi/potong BANANA BAKNIS adalah :
Banana baknis =(Rp. 425.000 + Rp.16.000/500 = Rp. 878,-
Menentukan harga jual
Banana baknis : Rp. 1.756
5.3 Penentuan Harga
Jual
Perkiraan laba yang diharapkan :
Rp. 3.000 – Rp. 1.756 = Rp. 1.244,-
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
8.1
Rencana organisasi kami ialah terdiri dari bagian ;
Manajemen : 2
Produksi : 4
Pemasaran : 3
Keuangan
: 2
8.2 Klasifikasi Organisasi
·
CEO
Mengontrol,
memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan dan mampu membaca laporan
keuangan perusahaan serta dapat mengambil kepurusan.
·
General Manager
Dapat
mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan
·
Financial Manager
Mengontrol
dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan
dapat mengatasi masalah keuangan.
·
Production Manager
Bertanggung
jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjualbelikan.
·
Marketing Manager
Dapat
mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai
media.
BAB IX
RESIKO
9.1
Resiko yang akan mungkin terjadi didalam usaha kami yaitu :
1.
Adanya sabotase terhadap usahanya.
2.
Harga barang-barangnya turun naik.
3.
Adanya persaingan global.
4.
Adanya resesi dan inflasi.
5.
Adanya cashflow yg tersendat-sendat.
6.
Tingkat penjualan yg rendah.
7.
Kacaunya distribusi.
8.
Adanya bencana alam.
9.
Adanya pencurian,
penipuan dsb
BAB X
KESIMPULAN
Usaha banana Baknis
kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset
yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis
SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak
menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus
merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan
juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada
kami.
bagus
BalasHapusartikelnya bagus kak, jangan lupa mampir ke saya ya tentang kumpulan ilmu
BalasHapushttp://indonugraha.blogspot.co.id/
lanjutkan
BalasHapusBagus ka
BalasHapus