Di era globalisasi ini segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau tekhnologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman. Dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Di zaman sekarang 70% pekerjaan manusia di lakukan bukan oleh tangan manusia itu sendiri artinya manusia dalam mengerjakan sesuatunya melalui bantuan mesin, atau alat-alat lain yang lebih canggih. Karena perlu kita ketahui juga ada banyak hal yang membuat semua pekerjaan manusia di lakukan oleh mesin atau barang berupa tekhonlogi salah satunya ialah karena perkembangan zaman itu sendiri percuma manusia cape mengerjakan bila pekerjaan tersebut bisa di lakukan oleh mesin atau alat-alat lainnya. Oleh karena itu media atau alat pembantu pada kegiatan berbisnispun berupa alat-alat canggih juga.
Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua
kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi, di zaman ini terjadi banyak
perkembangan khususnya di bidang tekhnologi, seperti contohnya di zaman
sekarang ini, di zaman sekarang ini kehidupan manusia dan kegiatannya pasti
berhubungan dengan tekhnologi yang tinggi dan tekhnologi itu sebagai alat
pembantu yang sangat penting di bidang-bidang manusia itu sendiri. Dilihat dari
kenyataannya saja di zaman sekarang semua kegiatan manusia pasti berhubungan
dengan tekhnologi. Contoh kecilnya saja di zaman sekarang pedagang bakso yang
biasanya berjualan berkeliling antara satu daerah ke daerah lainnya mendorong
atau memanggul gerobak baksonya, di zaman sekarang sudah jarang kelihatan lagi.
Di zaman sekarang pedagan bakso identik berjualan dengan menggunakan sepeda
motor atau kendaraan lainnya. Itulah contoh kecilnya di mana di zaman sekarang
ini semuanya serba canggih dan serba ekonomis. Oleh sebab itu semakin
bertingkat atau majunya suatu zaman maka tingkat kompetisi pun akan semakin
mejulang tinggi, artinya manusia-manusia di era globalisasi ini berlomba
menggunakan fasilitas yang ada untuk mencapi berbagai macam tujuannya. Salah
satunya ialah kompetisi dalam bidang bisnis. Bisnis merupakan suatu hal yang
banyak di minati masyarakat luas karena melihat banyaknya keuntungan dan
mudahnya bekerja karena faktor fasilitas yang canggih tadi. Banyak sekali
peminat mendadak terjun dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan bisnis.
Sebenarnya bukan hanya kegiatan bisnis saja yang membutuhkan jasa tekhnologi yang canggih untuk mempermudah semua kegiatannya. Semua kegiatan manusia di bantu oleh tekhnologi yang tinggi, baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Maksudnya terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang di pakai atau apa yang di lakukan oleh kita itu terbuat karena adanya tekhnologi yang tinggi tetapi karena saking terbiasanya jadi tidak terasa oleh kita bahwa itu semua adalah terbuat karena adanya tekhnologi yang tinggi. Oleh karena itu di zaman sekarang sumber daya manusia (SDM ) yang di butuhkan harus selalu berpendidikan tinggi dan mempunyai skill yang tinggi juga karena di era globalisasi ini tingkat kompetisinya pun tinggi. Dengan alasan-alasan itulah manusia di zaman sekarang harus mempunyai semangat untuk mencari ilmu dan pendidikannya pun harus tinggi.
Globalisasi dan teknologi telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada
‘yang terkuat yang bertahan’. Keberhasilan pasar akan didapat oleh perusahaan
yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini, yaitu
mereka yang mampu memberikan apa yang siap dibeli orang. Baik individu, bisnis,
kota bahkan seluruh negara harus menemukan cara menghasilkan nilai yang dapat
dipasarkan (marketable value) yaitu barang dan jasa yang menarik minat beli.
Sebagai dampak globalisasi dan perubahan teknologi, situasi pasar saat ini
didorong kearah keadaan yang berbeda jauh sekali dibandingkan situasi pasat
sebelumnya. Perubahan-perubahan tersebut tampak pada berbagai fenomena, antara
lain:
- Kekuasaan saat ini sudah beralih ke tangan konsumen.
- Skala produksi yang besar tidak lagi
merupakan keharusan.
- Batasan-batasan negara dan wilayah
tidak lagi menjadi kendala.
- Teknologi dengan cepat dapat dikuasai
dan ditiru.
- Setiap saat akan muncul
pesaing-pesaing dengan biaya yang lebih murah.
- Meningkatnya kepekaan konsumen
terhadap harga dan nilai.
Situasi dan kondisi demikian memotivasi pelaku bisnis agar senantiasa mamapu mengantisipasi pasar secara berkesinambungan dan memberikan dorongan agar mempunyai keinginan untuk belajar dan belajar.. Untuk itulah, agar dapat bertahan, mereka perlu menganalisis pasar, mengenali peluang, memformulasikan strategi pemasaran, mengembangkan taktik dan tindakan spesifik, serta menyusun anggaran pelaporan kinerja. Perusahaan harus mampu memberikan apa yang diharapkan pelanggan dan menepati janji-janjinya secara konsisten. Dengan demikian, perencanaan bisnis yang benar-benar matang sangant diperlukan, sehingga bisnis dapat tumbuh berkembang dan mampu menghasilkan laba sebagaimana diharapkan. Perencanaan bisnis yang baik harus dapat secara jelas menggambarkan karakteristik bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan sehingga pihak-pihak yang tertarik dapat mlihat secara transparan dan mengerti dengan jelas prospek perkembangannya dimasa yang akan datang. Perencanaan bisnis yang baik harus memuat asumsi-asumsi serta alasan yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan, seperti dasar perhitungan besarnya permintaan dan proyeksi penjualan, perhitungan harga pokok penjualan, strategi-strategi yang akan dilakukan, serta berbagai strategi manajemen untuk pengembangan bisnis.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar