Kamis, 10 April 2014

9 Cara Berbisnis Wirausaha Sukses

Dari semua orang banyak yang ingin bercita cita menjadi wirausaha, ada yang siap modal dan perencanaan yang rumit, ada yang sekedar gagasan aja. Namun, ada juga yang punya uang tapi bingung mau diapain, dan harus mulai dari mana. Mayoritas usahawan sukses adalah karena kelihaian dalam memulai dan memperluas usaha.
Berikut ini 9 Cara Berbisnis yang sering dipakai oleh para Wirausaha Sukses, untuk berhasil atau tidaknya tergantung upaya dan do’a kita. jadikan trik di bawah ini sebagai alternatif sebelum memulai usaha, dan menjadikannya refrensi:

1.Upaya untuk memenuhi Kebutuhan Konsumen
Ini merupakan ide bisnis yang paling umum. Misalkan saja Jika di sekitar rumah ada yang butuh jasa laundry, warnet, lauk matang, rental computer, kursus, dll, bukalah usaha yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan sebagai kuncinya, penuhi kebutuhan konsumen, lalu berikan produk dan layanan terbaik. Usaha berdasarkan kebutuhan adalah prinsip semua jenis usaha.

2.Jual Keunikan Produk yang ditawarkan
Bila kita lumayan kreatif dan inovatif, pasti banyak hal yang bisa dikreasikan. Untuk menemukan ide peluang usaha terbaru bisa dimulai dari penemuan produk baru, teknologi, system, dan program baru. Atau bahkan menulis buku dengan ide-ide yang baru pun bisa di perhitungkan. Penemuan baru apalagi khas dan unik, sangat berpeluang menembus pasar.
3.Menduplikasi Usaha Lain
Sedangkan bagi yang kurang kreatif dan inovatif, jangan patah semangat. Masih banyak ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan mungkin didepan mata kita. Kita cuma perlu membaca setiap peluang, mengukur potensi, dan mengambil resiko. Misalnya, disekitar rumah kita karena dekat dengan sekolah ada usaha makanan yang laris, apa salahnya menyaingi usaha tersebut, tinggal memberikan nilai dan pelayanan lebih dari usaha kita.

4.Memberi Fasilitas Tambahan
Seperti cara di atas namun diperlukan sedikit kreatifitas. Misalnya jika ingin membuka usaha warung makan, berikan penawaran harga yang kompetitif dan tempat yang nyaman untuk pembeli bercengkrama dengan pembeli lain, sehingga pembeli betah berlama-lama belanja di warung kita.

5.Jual Keterampilan
Cermati bakat setiap orang, karena itu pun bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Banyak orang berbakat bila di kembangkan dan diberikan tempat bisa dijual mahal. Tempat seperti restoran, toko-toko, salon, kursus, servis, mal, dan pasar adalah gudangnya orang berbakat. Misalnya ambil saja 2-3 orang pemangkas rambut, sewakan tempat yang bagus, alat yang lengkap, brand khusus, dan training tentang bagaimana pelayanan yang baik. Maka usaha salon yang eksklusif sudah bisa dimiliki.

6.Menjadi Agen
Sama dengan cara sebelumnya, misalnya membuka agen tenaga kerja, pembantu rumah tangga, pengisi acara hiburan, pernikahan, dll. ide bisnis seperti ini diperlukan pengalaman dan jaringan relasi yang luas. Tapi tak perlu khawatir, untuk hal ini kita bisa pekerjakan orang yang berpengalaman dibidang tersebut.

7.Menjual Barang Second
Masih belum banyak orang yang tertarik dengan jenis usaha ini. Barang second tertentu dengan nilai historis bisa mempunyai harga yang tinggi. Untuk awal memulainya kita bisa dengan berburu barang-barang bermerk asli yang sudah tidak terpakai lagi, dan menjualnya ditempat lain dengan harga special.

8.Membuka Kantor
Misalnya untuk akuntan, dokter, pengacara, notaries, ataupun konsultan. Dengan mengajak kolega dan teman seprofesi bisa diajak patungan untuk membuka kantor sendiri. Juallah skill dan pengalaman. Jika mempunyai reputasi bagus dan jaringan yang luas, janganlah takut kekurangan klien.

9.Membeli Waralaba
Bila mempunyai modal yang lumayan besar, dan tidak mau bersusah payah memikirkan produk sendiri, bisa memilih bisnis franchise (waralaba). Namun butuh kejelian membaca waralaba mana yang prospeknya potensi pasarnya bagus.
Kini banyak pilihan waralaba, dengan modal besar atau sedang-sedang saja.

Referensi :
http://indobisnisblog.wordpress.com/2013/12/10/9-cara-berbisnis-wirausaha-sukses/comment-page-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar