Sabtu, 06 April 2013

10 Cara Mengatasi Stress

Stress yang dimaksud disini adalah stress psikologis, yaitu keadaan dimana pikiran mendapat tekanan yang lebih dari biasa yang pada tingkatan tertentu dapat mempengaruhi fungsi-fungsi tubuh.
Stress adalah respon organisme terhadap tuntutan ataupun tekanan dari lengkungan yang menimbulkan perasaan ketegangan emosi maupun fisik.
Hal-hal yang menyebabkan stres bisa dari kejadian sehari-hari, perubahan-perubahan besar dalam kehidupan seseorang, atau perpaduan dari beberapa penyebab.

nah, sekarang cara mengatasi stres itu sendiri gimana ??? .. yuk kita liat :




1. Berpikir Positif.

Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres. ketegangan dan kecemasan telah disistem kekebalan tubuh anda dan kesejahteraan. sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi anda untuk bersantai. lihatlah situasi tertentu berbeda. mungkin cara anda mencari mungkin menyebabkan tekanan yang banyak.

2. Tidur

aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres anda. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit. Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan anda. Tapi ingat, ini bisa juga meningkatkan stres dalam tubuh anda jika kadarnya berlebih. jadi, jangan kesiangan karena ini akan memvbuat anda bertambah lesu.

3. Tertawa

Temukan humor dalam hal-hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat anda tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit. Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran anda dan anda akan siap untuk menghadapi apa pun.

4. Olahraga

olahraga teratur dan aktifitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin.
Penelitian menunjukan bahwa 20 menit setiap hari adalah semua yang diperlukan untuk pengalaman manfaat.

5. Meditasi

Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.
Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengkosongkan pikiran anda. lakukan meditasi 10 menit saja dan reguk manfaatnya.

6. Dengarkan Musik

mendengarkan musik favorit anda merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan. musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung.

7. Pandai-pandailah Bersyukur

Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stres, karena pada umumnya orang mengalami stres karena tidak kuat dengan apa yang terjadi atau keadaan yang menimpanya. dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari Tuhan dan seyogyanya kita menerima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.

8. Libatkan indera anda

Aroma tertentu dapat memiliki efek,menenangkan relaksasi pada keadaan pikiran anda. anda dapat memcoba menempatkan lilin lavender, lemon atau chamomile beraroma disekitar rumah anda atau kantor. anda juga dapat menggunakan salah satu dari aroma dikamar anda.

9. Minum teh Hijau

Tea hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam memproduksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut dopamin. kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan didalam tubuh. namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi hindari minuman berkafein.

10. Pijat

Pijat seluruh tubuh membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. jika anda tidak pernah mengalami pijat, anda akan kehilangan salah satu hal yang paling indah dalam hidup.

Itulah tips untuk menghilangan stress semoga bermanfaat.


Referensi:
1. Majalah, Sinshe Hongkong TCM. Edisi April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar