Selasa, 09 April 2013

Cara Mengatasi Migrain

Dr.Carolyn Bernstein, ahli neurologi dari Cambridge Health Alliance-Cambridge Campus, mengatakan selama ini orang migrain takut kopi karena diduga bisa memicu sakit kepala. Tapi sebenernya, cukup dengan 1 sampai 2 cangkir kopi justru bisa meringankan migrain.

Ada 4 cara untuk mengatasi migrain :

1. Secangkir atau 2 cangkir kopi dapat meringankan migrain

Kafein adalah obat termurah, termudah dan paling banyak tersedia untuk mengatasi migrain. Mempersempit pembuluh darah dapat mengurangi rasa sakit. Jika mengalami migrain, minum 1 atau 2 cangkir kopi hitam atau minuman ringan berkafein, bagi kebanyakan orang dapat mengurangi gajala migrain.

Kafein juga membantu menyerap obat lain, yang menjadi penyebab migrain. Dan kafein merupakan stimulan otak yang dapat membantu orang berfikir lebih baik jika sedang berada pada 'kabut' migrain.

2. Pijat

Kejang otot dapat menjadi pemicu migrain bagi banyak orang. Anda mungkin mengalami kejang otot dileher, Punggung atau bahu, terutama jika terlalu lama duduk didepan komputer atau mengemudi. Gigi, otot-otot wajah atau kulit kepala kadang mencengkram terutama pada malam hari, sehingga anda terbangun dengan migrain. Pijat dapat membantu jika migrain disertai dengan kejang otot, karena ini akan membuat anda rileks.
Meskipun datanya tidak cukup besar, sebuah studi diuniversitas besar menemukan bahwa melakukan pijat 2 kali seminggu selama lima minggu dapat mengurangi 50% migrain.

3. Yoga

sebuah studi baru-baru ini diindia menemukan bahwa orang yang menderita migrain dan melakukan yoga dengan kombinasi meditasi dan teknik relaksasi lainnya, dapat mengurangi migrain dengan berkurangnya rasa nyeri. Kegelisahan dan depresi pun akan berkurang.

4. Magnesium

magnesium mungkin merupakan mineral ajaib bagi penderita migrain. Meskipun tidak membantu setiap orang, mengkonsumsi suplemen magnesium setiap hari dapat membantu mencegah migrain.
 Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu meringankan migrain, termasuk mengurangi migrain akibat menstruasi.

Bagaimana magnesium dapat membantu?
Magnesium merupakan mineral penting untuk beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk jantung, tulang dan otot. Magnesium mengatur pembuluh darah beroperasi, mengurangi nyeri dan menenagkan sistem syaraf, yang mungkin dapat membantu meringankan migrain.
Hal ini dapat membantu mengurangi stress dengan bekerja pada sistem saraf simpatik dan dapat mengatur kadar gula dalam darah, yang merupakan dua pemicu migrain. Dan lebih penting lagi, magnesium akan mempengaruhi produksi dan regulasi serotonin. Serotonin merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dan diperlukan sel-sel saraf dan otak untuk berfungsi.

Referensi :
1. Majalah, Sinshe Hongkong TCM. Edisi April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar