Kamis, 04 April 2013

7 Makanan Paling Bergizi

selamat pagi .. ketemu lagi sama wulan .. disini saya mau nulis lagi nih makanan yang paling bergizi. selain memberikan energi yang dibutuhkan, makanan yang kita konsumsi setiap hari juga berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit. langsung ajah yuk apa ajah sih makanan itu??

1. Blueberries

Kandungan senyawa antioksidan pada blueberries yang disebut flavonoid atau lebih dikenal anthocyanin berfungsi menangkal penyakit jantung, kanker, dan kebutaan terkait usia dan kehilangan memori. Seperti halnya sepupu cranberry, blueberry terbukti dapat mencegah infeksi saluran kemih, berkat epicatechins antioksidan, yang menjaga bakteri tidak menempel ke dinding kandung kemih. bahkan, serat dalam blueberry ampuh dalam menangkal sembelit.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan pelawan kanker, berkat kehadiran senyawa sulfur, seperti sulforaphane. mengkonsumsi lebih banyak brokoli bisa memangkas risiko seseorang dari kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. sulforaphane juga telah terbukti khasiatnya untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung sejumlah besar flavonoid, jenis antioksidan. bahkan, kandungan flavonoid pada cokelat gelap lebih banyak daripada makanan lainnya. studi menemukan bahwa antioksidan dapat menigkartkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, memperlambat oksidasi kolestrol LDL, dan mengurangi peradangan. makan cokelat hitam gelap juga dapat menurunkan resistensi insulin, masalah utama dibalik diabetes.

4. Yogurt
Yogurt adalah sumber makanan yang berperan penting dalam pembangunan tulang. Akan tetapi, kekuatan yang sebenarnya terletak pada bakteri baik, yang dikenal sebagai probiotik, yang terus menekan pertumbuhan bakteri merugikan didalam usus anda. terlalu banyak bakteri "buruk" dapat menyebabkan masalah kesehatan gastrointestinal dan lainnya. mengkonsumsi yogurt dapat membantu mengatasi penyakit peradangan usus, maag, infeksi saluran kemih, dan infeksi jamur pada vagina.

5.Bayam

selain berfungsi dalam melindungi mata anda dari degenerasi makula (penurunan ketajaman penglihatan), kandungan karotenoid pada bayam juga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah resiko patah tulang. segala macam sayuran berwarna hijau merupakan sumber yang kaya kalium dan magnesium serta folat, dimana semuanya berfungsi dalam menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. folat juga berkontribusi dalam memangkas risiko kanker paru-paru bagi mantan perokok.

6. Ikan salmon

makan setidaknya 2 porsi ikan salmon seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 17% dan risiko anda terkena serangan jantung  hingga 27%. sebuah studi diswedia yang diikuti lebih dari 6.000 pria selama 30 tahun menemukan bahwa mereka yang makan lemak ikan dalam jumlah yang moderat menurunkan risiko kanker prostat sepertiga.

7. Bawang putih

bawangputih memiliki antibakteri, antijamur, dan sifat sebagai antivirus bahwan berpotensi untuk mengusir beberapa bakteri yang resisten antibiotik. meski hanya menurunkan sedikit kolestrol, rempah-renpah ini juga bertindak sebagai pengencer darah, menguranmgi jantung dan stroke. menambil setidaknya 6 siung atau lebih bawang putih dalam seninggu bisa memangkas risiko kanker kolorektal, lambung, dan kanker prostat ketimbang harus makan satu cengkeh setiap minggunya.

itulah beberapa makanan yang paling bergizi yang saya rangkum .. semoga bermanfaat..

Resensi :

1. Majalah, Sinshe Hongkong TCM. Edisi April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar