Jumat, 03 Mei 2013

Manfaat dan Khasiat Akupuntur


Ada beberapa versi dari akupuntur, misalnya acu-presure, yaitu akupuntur dengan cara dipijat, moksibasi atau moksa dilakukan dengan cara pembakaran, dan aqiapuncture yang dilakukan dengan suntikan air.
Ada 

beberapa manfaat dari akupuntur itu sendiri yaitu :

1. Untuk mengurangi rasa nyeri

Akupuntur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala kronis. sebuah penelitian menjelaskan bahwa akupuntur dapat mengurangi gangguan migrain, tegang pada kepala, dan berbagai macam gangguan sakit kepala lain dan hasilnya lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri.

selain itu, akupuntur juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri setelah operasi dikepala, kanker leher, nyeri saat haid, nyeri hamil, mengurangi efek kemoterapi seperti mual, dan juga rasa sakit pada gejala menopause.

2. Untuk menghaluskan kulit 

Manfaat lain dari akupuntur untuk dunia kecantikan dilakukan dengan merangsang sistem syaraf yang menimbulkan reaksi setempat untuk meningkatkan peredaran darah dan produksi kolagen agar dapat bertambah.

untuk kecantikan, akupuntur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus atau keriput diwajah, mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam dibawah mata, mengobati jerawat, mencerahkan kulit wajah, dan mengecuilkan pori-pori, membuat mata menjadi cemerlang dan mengangkat kelopak mata, meningkatkan aliran darah pada kulit, meningkatkan hormon kolagenm dan mengatasi kerontokan rambut.

3. Meningkatkan tingkat kesuburan

sebenarnya, tujuan untuk meningkatkan kesuburan dengan akupuntur adalah untuk meningkatkan vitalitas seksual pria dan wanita, meningkatkan produksi dari sel telur dan sperma agar kualitas baik, sekaligus untuk meningkatkan sirkulasi darah didaerah rahim dan sekitarnya.

Manfaat dan khasiat tusuk jarum lainnya adalah meningkatkan aliran darah ke uterus agar mulut rahim menjadi rileks serta menghambat hormon stress yang dapat  mengganggu proses embrio menjadi calon janin. Dari hasil poling, diketahui bahwa akupuntur ini dapat membantu mancampurkan sperma dan sel telur menjadi embrio didalam rahim.


Referensi:
 Majalah, Sinshe Hongkong TCM edisi April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar